Search This Blog

Rekaman Audio

7:58 p.m. / Posted by Indra Subagja /

Cara merekam audio komputer kedalam kaset

Rekaman tape memang tidak up to date alias kuno di jaman sekarang ini. Tapi tidak ada salahnya kita mengetahui sedikit bagaimana cara merekam semua audio yang keluar dari komputer baik yang berformat Mp3, WAF (windows audio file), atau format lainnya. Tulisan ini terinspirasi dari pengalaman saya ketika akan membuat materi Listening Comprehension bagi peserta ujian praktek kelas IX disekolah. Sebenarnya fasilitas lab bahasa sudah sangat lengkap. Namun karena jumlah peserta ujian yang mencapai 180 orang dan waktu yang tersedia untuk seluruh mata pelajaran yg diujikan hanya 4 hari, maka cara klasik harus kami lakukan dengan membawa tape keruang ujian.” Lalu bagaimana cara merekam materi yang tersimpan di komputer kedalam kaset?” pikir saya.

Awalnya saya menggunakan tape recorder kecil yang biasanya digunakan untuk merekam pidato atau pembicaraan seseorang. Suara yang keluar melalui speaker langsung saya rekam dan hasilnya kurang memuaskan. Terdengar suara-suara yang berasal dari background lingkungan kita yang ikut terekam.

Setelah berfikir lama, saya mencari kabel audio 3’5 to RCA. Kabel tersebut saya colokkan pada audio out yang ada di pc komputer, dan RCA saya tancapkan pada audio in di tape player saya. Tidak semua tape player memiliki audio in meski sudah ada amplifiernya. Jadi anda harus punya tape player yang ada audio in nya. Tapi suara ternyata tidak dapat keluar dari speaker tape. Hal ini terjadi karena tape player saya bukan aktive speaker yang dapat mengolah gelombang audio yang masuk melalui audio in menjadi suara yang dapat didengar.

Untuk itu kita harus kembali kepada setingan awal pc komputer kita yaitu menggunakan speaker aktive yang ada. Namun perlu dicatat bahwa speaker aktif yang kita gunakan harus memiliki lubang jack 3’5 audio out. Tancapkan audio kabel 3’5 pada lubang ini kemudian RCA pada colokan audio in tape player. Hasilnya, speaker tape player dapat menghasilkan suara. Nah……. Anda sudah dapat merekam suara yang dihasilkan tanpa perlu takut ngobrol dengan kawan karena suara background di sekitar kita tidak akan ikut terekam.

Tapi jangan senang dulu, suara hasil rekaman tidak sebaik kaset rekaman dari Production House (PH) karena mono (tidak stereo). Tapi semua bergantung kepada peralatan yang kita gunakan. Semakin baik peralatan kita, hasilnya pun akan berbeda bila menggunakan alat yang seadanya. Namanya juga rekaman…….. Kalo mau bagus anda harus beli yang asli jangan bajakan / hasil rekaman. Sudah aslikah Windows anda?


Labels:

0 comments:

Post a Comment

World Clock